DEFENISI DAN PERLENGKAPAN DALAM VERTICAL RESCUE


DEFENISI
Vertical Rescue adalah teknik memindahkan (evakuasi) korban atau obyek pada medan terjal (High Angle / Vertical) dari tempat yang tinggi ke tempat yang lebih rendah, atau sebaliknya Vertical Rescue dalam sebuah opersi SAR adalah satuan dengan kemampuan khusus yang diterjunkan jika korban/objek berada pada medan curam atau bahkan vertical (Hi-Angle Surface)
Secara ideal, dapat disimpulkan bahwa team Vertical Rescue akan diturunkan jika sudah ada kepastian datum korban/objek (sudah bukan Most Probable Possition/MPP). Namun tidak menutup kemungkinan jika menurut SMC, datum MPP sudah mendekati kepastian, maka tim Vertical Rescue dapat diterjunkan untuk melakukan pendekatan ke datum. Jadi cukup jelas bahwa tim Vertical Rescue adalah SRU dengan keterampilan khusus, dan dalam operasi SAR tetap berada di bawah komando SMC dan OSC.

PERALATAN SPESIFIK

Secara Umum peralatan yang digunakan sama persis dengan peralatan yang digunakan dalam Panjat Tebing. Namun ada peralatan khusus yang lebih spesifik dalam Vertical Rescue, diantaranya :

1. TRIPOD
Tiang logam berkaki tiga yang digunakan untuk menghindari gesekan tali. Tripod terutama sekali digunakan untuk proses evakuasi korban atau obyek dari dalam lubang.

2. STRETCHER / BASKET RESCUE

Stretcher atau beberapa orang menyebutnya dengan nama Basket Rescue, adalah tandu yang digunakan untuk melakukan evakuasi. Pada sisi luar tandu terdapat pelindung sehingga korban/obyek yang berada di dalamnya terhindar dari benturan secara langsung.
3. QUICK RELEASE

digunakan untuk memudahkan dalam proses melepaskan tandu atau beban dari lintasan dalam keadaan masih terbebani oleh korban/objek.

4. SWIVEL
digunakan untuk mengurangi putaran terutama jika evakuasi dilakukan dengan Helikopter.

6. PULLEY

7. HELMET

8. ICE SCREW

9. ICE PICKETS

10. ICE AXE

Penulis: Julie Jfo | Common Girl Who Loves Climbing And Wandering

Artikel DEFENISI DAN PERLENGKAPAN DALAM VERTICAL RESCUE ini dipublish oleh Julie Jfo Terima kasih Anda telah membaca artikel tentang DEFENISI DAN PERLENGKAPAN DALAM VERTICAL RESCUE , Silahkan di share jika bermanfaat, Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita semua. Terima kasih atas kunjungan serta kesediaan Anda membaca dan berkomentar tentang artikel ini.

ABT

Tidak ada komentar:

Silahkan Menanggapi