OBJEK WISATA DI PULAU BINTAN YANG TAK BOLEH DILEWATKAN


 

Pulau Bintan adalah sebuah pulau yang termasuk kedalam Provinsi Kepulauan Riau. Meskipun Ibu Kota Kepri berada di Pulau Bintan yaitu di Kota Tanjung Pinang, namun Pulau Bintan tak sepopuler Pulau Batam. Kota Tanjung Pinang yang menjadi pelopor bahasa melayu ini menyimpan banyak sejarah dan surga tersembunyi yang layak masuk bucket list untuk dikunjungi. Kota Tanjung Pinang ini dihuni oleh masyarakat tionghoa terbesar kedua di Indonesia setelah Bangka Belitung.

Berikut ini adalah lokasi - lokasi yang tak boleh terlewatkan bila berkunjung ke Pulau Bintan.

1. LAGOI BAY
Kawasan Lagoi di Pulau Bintan memang dikenal sebagai kawasan eksklusif dengan resort-resort mewah yang menawarkan private beach. Lagoi Bay adalah salah satu kawasan pantai dengan pasirnya yang putih. Sepanjang bibir pantai juga tumbuh pepohonan yang dapat digunakan untuk bersantai menikmati deburan ombak. Tidak dipungut biaya untuk masuk ke kawasan ini, alias gratis.


2. DANAU LAGOI
Danau Lagoi berada tidak jauh dari kawasan Lagoi Bay, hanya berjarak 500 meter sebelum kawasan Lagoi Bai. Danau ini sangat tenang dan indah dengan ditanami pohon palm di pinggir danau. Disekeliling Danau juga terdapat Running Trail yang dapat anda gunakan untuk berolahraga.Masuk ke kawasan Danau ini juga tidak dipungut biaya tiket.


3. TREASURE BAY BINTAN LAGOI
Jika berkunjung ke Bintan, tentunya tak kan lengkap bila tidak mengunjungi Treasure Bay, sebuah kawasan wisata elite dengan Kolam Renang terbesar se Asia Tenggara yakni seluas 6,3 ha. Dengan membayar 100 ribu rupiah untuk tiket masuk ditambah deposit untuk menggunakan wahana di dalam kawasan, jumlah deposit ini tergantung yang anda inginkan, jika tidak habis anda pakai maka sisa uang anda akan dikembalikan. Hal yang dapat anda lakukan di Treasure Bay ini antara lain berenang di kolam yang jernih dan berwarna kebiruan, bermain kayak, dan bermain wahana air lainnya, atau keliling kolam dengan scooter atau segway serta menginap di cannopy hotel dan lain sebagainya.

 

4. PANTAI TRIKORA
Pantai alami dengan pasir putih yang memiliki ombak yang landai di tambah ornamen bebatuan yang bersusun indah di pinggir pantai. Berhubung saat berkunjung kesini air laut sedang surut, jadi hasil jepretan tak terlalu maksimal.. hehe. Untuk menikmati pantai ini sepuasnya tidak dipungut biaya tiket.


5. VIHARA AVALOKITESVARA GRAHA
Sebagai kota dengan penduduk Tionghoa terbesar kedua di Indonesia setelah Bangka Belitung, Pulau Bintan memiliki banyak Vihara umat Buddha yang dapat dikunjungi wisatawan. Salah satu Vihara yang populer adalah Vihara Avalokitesvara Graha yang disebut sebagai Vihara terbesar se-Asia Tenggara. Vihara ini berada sekitar 14 km dari pusat Kota Tanjung Pinang. Vihara Avalokitesvara Graha diresmikan oleh Menteri Agama RI pada bulan Juni 2009. Selain menjadi Vihara terbesar se-Asia Tenggara, hal istimewa yang dari Vihara ini ialah terdapat patung Dewi Kuan Yin Phu Sha dalam posisi duduk yang dinobatkan oleh MURI sebagai patung Dewi Kuan Yin terbesar yang ada dalam ruangan utama Vihara. Tinggi patung mencapai 16,8 meter dan dilapisi emas 22 karat. Selain itu juga terdapat patung dewa-dewi setinggi 3,5 - 4 meter yang berjejer di sisi kiri dan kanan ruangan utama menghadap patung Dewi Kuan Yin. Berkunjung ke Vihara ini tidak dibebankan tiket masuk, dan harap menghormati jemaat di Vihara jika kebetulan ada yang sedang berdo'a dengan tidak bersuara apalagi membuat keributan..heeh.


 

6. VIHARA KSITIGARBHA BODHISATTVA
Selanjutnya ada Vihara Ksitigarbha Bodhissattva, susah ya nyebut namanya.. hehe. Oke, kita sebut saja Vihara ini dengan Vihara Patung Seribu. Vihara yang baru diresmikan pada februari 2017 ini begitu megah dengan gapura batu ciri khas Tiongkok. Di bagian depan setelah melewati gapura, berdiri kokoh sebuah patung berukuran raksasa. Tembok di belakang patung tersebut dibuat menyerupai benteng dengan pagoda di puncaknya. Kita harus berbelok ke belakang patung untuk dapat masuk ke area Vihara, begitu memasuki kawasan tersebut kita akan dibuat kagum dengan deretan ratusan patung yang berjejer rapi layaknya patung tentara teracotta. Walaupun dinamakan Vihara Patung Seribu, namun jumlah patung disini hanya sebanyak 500 buah patung. Yang unik dari patung-patung tersebut adalah ekspresi dan pakaian yang berbeda-beda setiap patungnya. Pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah. Vihara ini buka setiap hari kecuali hari Senin.

 
    

7. VIHARA DI SENGGARANG
Senggarang merupakan sebuah Desa di Tanjung Pinang yang juga terdapat banyak Klenteng, kawasan ini banyak dihuni oleh masyarakat Tionghoa. Di Klenteng Desa Senggarang ini juga terdapat banyak patung unik dan lucu salah satunya adalah patung Biksu Tong beserta pengawalnya. Masuk kawasan ini juga tidak dikenakan tiket masuk.

 

8. LAMAN BOENDA
Laman Boenda adalah sebuah taman wisata kota di Tanjung Pinang berada di tepi laut yang dekat dengan Pelabuhan Ferry Sri Bintan Pura. Di dalam kawasan ini juga berdiri Gedung Gonggong.
 


9. TUGU GONGGONG
Gonggong adalah sejenis Siput Laut yang banyak terdapat di Pulau Bintan. Sekilas tak ada yang istimewa dengan tugu ini, berukuran kecil dan berada tidak jauh dari taman wisata Laman Boenda, yang membuatnya istimewa adalah karna Gonggong ini merupakan Ikon dari Kota Tanjung Pinang.


10. AKAU POTONG LEMBU
Terakhir yang tak boleh terlewatkan jika mengunjungi suatu daerah tentunya mencoba kulinernya. Akau Potong Lembu merupakan pusat wisata kuliner yang begitu terkenal di Tanjung Pinang. Berada di Jalan Potong Lembu, Tanjung Pinang. Berbagai macam kuliner nusantara dan Chinese food ada disini. Ciri khas dari tempat ini adalah sajian makanannya yang segar terutama untuk jenis seafood. Para penjual kuliner disini juga di dominasi oleh warga Tionghoa. Masuk ke kawasan ini anda bebas duduk di meja mana yang anda sukai kemudian pesan makanan yang anda mau dan anda harus membayar pada saat pesanan datang.

Itulah beberapa lokasi yang sayang untuk dilewatkan jika berkunjung ke Pulau Bintan.

Untuk sekedar tips bila anda berkunjung ke Pulau Bintan, disarankan untuk menyewa mobil atau sepeda motor mengingat jarangnya transportasi publik di daerah ini. Jika anda berkunjung ke Pulau Bintan via Batam, pilih ferry yang menuju Pelabuhan Sri Bintan Pura (recommended : Ferry Baruna Oceana) Kota Tanjung Pinang begitu juga sebaliknya, harga tiket 57.500 rupiah ditambah Boarding Pass 5000 rupiah.

Semoga artikel ini bermanfaat, dan terimakasih bagi yang share..

BACA JUGA :  TRIP MURAH KE SAMOSIR

Penulis: Julie Jfo | Common Girl Who Loves Climbing And Wandering

Artikel OBJEK WISATA DI PULAU BINTAN YANG TAK BOLEH DILEWATKAN ini dipublish oleh Julie Jfo Terima kasih Anda telah membaca artikel tentang OBJEK WISATA DI PULAU BINTAN YANG TAK BOLEH DILEWATKAN , Silahkan di share jika bermanfaat, Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita semua. Terima kasih atas kunjungan serta kesediaan Anda membaca dan berkomentar tentang artikel ini.

ABT

Tidak ada komentar:

Silahkan Menanggapi