JALUR PANJAT TEBING LEMBAH HARAU



Dijuluki Surga Para Pemanjat Tebing, Lembah Harau memang menjadi salah satu lokasi impian bagi para pemanjat tebing untuk dijajal. Tidak hanya oleh pemanjat nasional, tetapi juga mancanegara. Bagaimana tidak, lembah seluas 669 ha yang merupakan kawasan wisata dan cagar alam ini memiliki tebing-tebing Conglomerate yang kokoh menjulang, deretan air terjun indah yang tersebar di beberapa tempat seolah menambah hiasan bagi tebing-tebing ini. Berjarak hanya 2 km dari ibu kota kabupaten, dan daerah ini juga merupakan pemukiman penduduk, maka akses menuju Lembah Harau ini sama sekali tidak lah sulit. Bagi pengunjung dari luar kota, Lembah Harau juga mempunyai beberapa HomeStay dan Penginapan serta Area Camping Ground. Beberapa tempat juga menyewakan peralatan camping seperti tenda dan lainnya.

Lembah Harau yang disebut-sebut sebagai Yosemite-nya Indonesia, memiliki sekitar 70 jalur panjat tebing permanen dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Mulai dari jalur fun yang bisa dipanjat oleh semua kalangan termasuk anak-anak, hingga jalur-jalur sulit bagi pemanjat terlatih. Tidak jarang Lembah Harau dijadikan sebagai lokasi TC (training center) bagi atlit-atlit panjat tebing yang akan mengikuti kompetisi.

Lembah Harau terbagi kedalam 2 nagari (desa), nagari Tarantang dan nagari Harau, jalur – jalur panjat tebing pun juga tersebar di beberapa lokasi di dua Nagari ini. Bagi pecinta petualangan, ada “tebing pancasila” tersedia untuk pemanjatan Aid Climbing yang mencapai tinggi lebih kurang 120 meter. Di jorong (dusun) Padang Tarok, nagari Harau misalnya, juga ada jalur yang bisa digunakan untuk pemanjatan multipitch dengan nama "Rope on Top", terdiri dari 6 pitch yang dibuat oleh teman-teman dari Skyger Bandung dengan ketinggian lebih kurang 300 meter. Di jorong Padang Tarok ini juga sering dijadikan sebagai salah satu lokasi kegiatan Sekolah Panjat Tebing maupun Sekolah Vertical Rescue.

salah satu jalur multi pitch
BEBERAPA JALUR FAVORIT DI LEMBAH HARAU

Dari semua jalur panjat tebing di Lembah Harau, ada beberapa jalur yang cukup populer dan menjadi favorit bagi para climber di Lembah Harau antara lain :

1. Jalur wisata”, (sebenarnya nama jalur ini belum diketahui, saya akan update jika sudah dapatkan info ) Dengan kemiringan sekitar 120°, menjadikan jalur ini dapat dipanjat oleh semua kalangan bahkan anak-anak. Terdapat 3 buah Jalur yang berada disamping kolam air terjun Aka Barayun ini, hanya mempunyai grade 5.8 – 5.10. Dengan ketinggian ± 22 meter.

 2.  Jalur toilet” dengan grade 5.10 - 5.11a, jalur ini terkenal dengan celahnya yang terbesar di dunia, dengan ketinggian sekitar 25 meter.
 
3. Jalur biadab” dengan 5.12b nya, hmm... dari namanya saja seperti sudah memberi gambaran. Jalur dengan ketinggian ± 25 meter ini banyak digemari atlit-atlit yang ingin menguji kemampuannya.
    4. “Jalur magribi” dengan tinggi ±70 meter memiliki lebih dari 1 grade yakni 5.10 hingga 5.11b.
 
5. “Jalur liang limbek” dengan 5.13b nya. Jalur liang limbek inilah yang banyak membuat penasaran para pemanjat terlatih. Dengan sedikit over hang menjadikan jalur ini begitu technical dan menantang. Panjang lintasan jalur ± 20 meter.
Jalur liang limbek
 6. Kemudian ada “Australian route” yang melegenda, jalur dengan grade 5.14c ini sengaja dibuat sebagai sayembara. Jika ada yang mampu memanjatnya, maka dia berhak mendapatakan tiket PP gratis ke Australia, namun semenjak jalur itu dibuat, belum ada yang sanggup memanjatnya hingga saat ini. Tetapi tidak ada yang mustahil bila ada niat dan kemauan, mungkin saja suatu saat akan ada yang memenangkan sayembara itu.
 
Itu hanya beberapa jalur yang populer di Lembah Harau, bukan berarti jalur lainnya tidak menarik untuk dipanjat. Setiap jalur mempunyai karakter pegangan yang berbeda-beda, sehingga pemanjat tidak akan merasa bosan hanya dengan memanjat beberapa jalur saja.

Bagi yang ingin memanjat di Lembah Harau, hanya membutuhkan izin dari Jorong setempat dan patuhilah aturan yang ada. Jagalah kebersihan dan yang paling utama perhatikan faktor keselamatan.

Pesan dari Lembah Harau..
Don’t die before climb in Harau Valley..!!!



*semua info tentang jalur (nama,grade,dll) dapat berubah jika itu dari pembuat jalurnya. Data yang ada sekarang berdasarkan info yang didapat secara turun-temurun dari pemanjat2 senior.

Penulis: Julie Jfo | Common Girl Who Loves Climbing And Wandering

Artikel JALUR PANJAT TEBING LEMBAH HARAU ini dipublish oleh Julie Jfo Terima kasih Anda telah membaca artikel tentang JALUR PANJAT TEBING LEMBAH HARAU , Silahkan di share jika bermanfaat, Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita semua. Terima kasih atas kunjungan serta kesediaan Anda membaca dan berkomentar tentang artikel ini.

ABT

Tidak ada komentar:

Silahkan Menanggapi